Makalah Entrepreneurship
“Usaha Perhiasan Perak
dan Cincin Batu”
“(TOKO ASA MAS)”
Disusunoleh :
Nama: ADIS SEPTA AULIA
Npm: 1723002
Kelas : Manajemenimformatika A
Dosenpembimbing:
·
ERWIN ARIYANTO SE.MM
Program Studi manajemen imformatia
Amik akmi baturaja
KATA PENGANTAR
Dengan
mengucapkan puji dan syukur Kepada Tuhan Yang Maha esa atas segala rahmat
dan ridho-Nya sehingga penyusun mampu dalam menyelesaikan makalah ini guna
memenuhi tugas mata kuliah Entrepreneurship Kewirausahaan.
Makalah ini membahas
tentang proposal pendirian sebuah usaha kecil meliputi aspek-aspek dalam
pendirian usaha serta prospek masa depan yang akan dicapai dalam menghadapi
persaingan dunia usaha. penyusun mengucapkan terima kasih, terutama kepada
:
1.
Tuhan YME atas
rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan baik.
2.
Dosen pembimbing kewirausahaan,
3.
Kepadaorangtuadankeluargasertasemuapihakyang telah membantu dalam penyusunan makalah ini.
Akhirnya
penyusun berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi pembacadan mohon maaf atas
kekurangan yang masih terdapat didalamnya, karena penyusun menyadari
adanya keterbatasan kemampuan yang dimiliki.
Maka dengan senang
hati penyusun akan menerima kritik dan saran pembaca guna perbaikan dalam
penyusunan makalah selanjutnya.
baturaja, 26 november 2017
Adis septa aulia
DAFTAR
ISI
KATA
PENGANTAR.......................................................................................................... 2
DAFTAR
ISI...................................................................................................................... 3
BAB
I PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang.......................................................................................................... 4
1.2
Metode Penelitian.................................................................................................... 4
1.3
Batasan Masalah...................................................................................................... 5
1.4
Maksud dan Tujuan.................................................................................................. 5
BAB
II LANDASAN TEORI
A.Wirausaha
2.1 Pengertian................................................................................................................ 6
2.2
Faktor Usaha............................................................................................................. 8
2.3
Faktor Pemicu Wirausaha........................................................................................ 8
B.
Konsep Pemasaran
2.1.1
Product................................................................................................................... 9
2.1.2
Price....................................................................................................................... 9
2.1.3
Place...................................................................................................................... 9
2.1.4
Promotion.............................................................................................................. 9
BAB
III PEMBAHASAN
3.1
Identitas Perusahaan................................................................................................ 10
3.2
Harga/Permodalan Usaha........................................................................................ 10
3.3Manajemen............................................................................................................... 12
BAB
IV PENUTUP
4.1.
Kesimpulan.............................................................................................................. 13
4.2.
Saran........................................................................................................................ 13
FOTO-FOTO.................................................................................................................... 14
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 LATAR
BELAKANG MASALAH
Wirausaha
merupakan suatu proses atau cara untuk melakukan suatu usaha yang bertujuan
untuk mendapatkanhasilatau keuntungan yang diharapkan dengan cara memproduksi,
menjual atau menyewakan suatu produkk barang atau jasa.
Dalam
menjalankan suatu usaha (wirausaha) seorang pelaku usaha harus memiliki :
Ø Skill
(kemampuan)
Seorang
pelaku usaha harus memiliki skil (kemampuan) untuk berwirausaha karna tanpa
skil (kemampuan) seorang pelaku usaha tidak akan mungkin bisa berwirausaha.
Jadi skill (kemampuan) adalah modal utama yang harus dimiliki dalam
berwirausaha.
Ø Tekad
(kemauan)
Apabilaseorang
pelaku usaha telah mempunyai skill (kemampuan) tapi tanpa ada tekad (kemauan
yang kuat) untuk berwirausaha maka skill (kemampuan) berwirausaha itu akan
sia-sia karena tidak dapat tersalurkan. Jadi pada dasarnya skill dan tekad itu
harus dimiliki oleh seorang pelaku wirausaha
Ø Modal
Modal
merupakan aspek yang sangat menunjag dalam hal memulai dan menjalankan suatu usaha
disamping mempunyai skill dan tekad.
Ø Target
dan Tujuan
Seorang
pelaku usaha apabila ingin menjalankan suatu usaha maka harus bisa menentukan
target
dan tujuan pemasarannya. Karena apabila target dan tujuan tidak direncanakan
maka usaha yang dijalankan tidak mungkin dapat bertahan lama.
Ø Tempat
Tempat
berwirausaha merupakan aspek yang harus dimiliki bila ingin menjalankan
wirausaha. Karena tempat juga sangat menunjang dalam hal wirausaha dan bisa
menjadikan suatu bahan pertimbangan oleh konsumen mengenai wirausaha yang
sedang dijalankan.
1.2 BATASAN MASALAH
Bagaimana caramembuatrancanganuntukmembukausaha yang diinginkanmulaidaritempat, apa
yang dijual, modal awal, dan lain-lain.
1.3MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Sebagai rancanganapabila ingin menjalankan suatu usaha.
2. Untuk memenuhi
tugas mata kuliah Kewirausahaan.
BAB
II
LANDASAN
TEORI
A. Wirausaha
2.1 Pengertian
Pengertian
dari wirausaha adalah hal-hal yang berhubungan dengan keberanian seseorang
dalam menjalankan kegiatan bisnisnya.
Berikut
ini digambarkan perkembangan teori dan definisi wirausaha yang asal katanya
adalah terjemahan dari entrepreneur. Istilah wirausaha ini bersal dari
entrepreneur (bahsa Perancis) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dengan
arti between taker atau go-between.
Sebagai
contoh dari pengertian go-between atau perantara yang dimaksudkan dalam istilah
bahasa Perancis entrepreneur adalah pada saat Marcopolo yang mencoba merintis
dalam jalur pelayaran dagang ke timur jauh.Dia setuju mendatangani kontrak
untuk menjual barang dari seorang pengusaha. Kontrak ini memberi pijaman dagang
kepada Marcopolo dengan bagian keuntungan sebesar 22,5% termasuk asuransi.
Pemilik modal tidak menanggung resiko apa-apa sedangkan si pedagang yang
belayarmenanggug resiko besar.Pada saat pelayaran tiba di tujuan dan barang
dagangan dijual maka si pemilik modal menerima keuntungan lebih dari 75%
sedangkan si pedagang menerima keuntungan yang lebih kecil.
Kemudian
pada abad pertengahan istilah entrepreneur digunakan untuk menggambarkan
seorang aktor sebagai orang yang memimpin proyek produksi. Orang ini tidak
menanggung resiko akan tetapi pemimpin proyek menyediakan sumber-sumber yang
diperlukan. Bentuk entrepreneur pada abad pertengahan ini berbentuk clerical yaitu
orang yang bertanggug jawab dalam pekerjaan arsitek seperti untuk pekerjaan
bangunan istana dan sebagainya.
Pada
abad ke 17 istilah entrepreneur digambarkan sebagai orang yang melakukan
kontrak pekerjaan dengan pemerintah untuk memasok produk tertentu.Kontrak ini
memakai harga tetap keuntungan atau kerugian yang di peroleh dari pekerjaan ini
adalah merupakan dari kerugian wirausaha.
Dalam
definisi ini ditekankan bahwa seorang wirausaha adalah orang yang melihat
adanya peluang, kemudian menciptakan sebuah organisasi untuk memanfaatkan
peluang tersebut.
Pengertian
wirausaha disini menekankan pada setiap orang yang memulai sesuatu bisnis yang
baru. Sedangkan proses kewirausahaan meliputi semua kegiatan fungsi dan
tindakan untuk mengejar dan memanfaatkan peluang dengan menciptakan suatu
organisasi.
Dalam
beberapa segi pandangan hikayat Amerika, entrepreneur di gambarkan sebagai
tokoh pahlawan yang membuka hutan, menaklukkan gunung, membendung sungai
menciptakan dam, membangun masyarakat baru, menanjak dari orang yang tiada
sampai orang yang ada, kesemuanya itulah yang membentuk bangsa Amerika sebagai
bangsa baru.
Dalam
kepustakaan bisnis beberapa sarjana Amerika memberi arti entrepreneurship
sebagai kegiatan individual atau kelompok yang membuka usaha bari dengan maksud
memperoleh keuntungan (laba), memelihara usaha itu dan membesarkannya, dalam
bidang produksi atau distribusi barang-barang ekonomi atau jasa.
Meskipun
orang dapat memberi arti ‘entrepreneur dan entrepreneurship berbeda, namun
pendapat Schumpeter pada tahun 1912 masih banyak diikuti berbagai
kalangan.Pandangan berwirausaha, sekarang tampaknya lebih maju dan memasuki
sector pemerintahan.Pemerintah mulai menginginkan pengolahan asset Negara
secara wirausaha.Para pejabat dengan segala aparatnya harus bertindak sebagai
wirausaha, mengelola asset negara.Pemerintah mulai mengurangi subsidi yang
makin lama semakin merongrong keuangan Negara.
Wirausaha
pemerintah, dibahas panjang lebar oleh David Osborne dan Ted Gaebber (1992)
dalam buku yang berjudul Reinventing Government, diterjemahkan
“Mewirausahakan Birokrasi”.
2.2 Faktor Usaha
Ø
Adanya persaingan
dalam dunia kehidupan.
Ø
Adanya
hubungan-hubungan atau relasi-relasi dengan orang lain
Ø
Adanya tim yang dapat
diajak bekerjasama dalam berusaha
Ø
Adanya dorongan orang
tua untuk membuka usaha
Ø
Adanya sumber-sumber
yang biasa dimanfaatkan, misalnya memiliki tabungan, modal, warisan, memiliki
bangunan yang lokasi strategis dan sebagainya.
Ø
Mengikuti
latihan-latihan atau Incubator bisnis. Sekarang banyak kursus-kursus bisnis dan
lembaga manajemen fakultas ekonomi melaksanakan pelatihan Incubator bisnis.
Ø
Kebijakansanaan
pemerintah misalnya adanya kemudahan-kemudahan dalam lokasi berusaha ataupun
fasilitas kredit, dan bimbingan usaha yang di lakukan oleh Depnaker.
2.3 Faktor Pemicu
Wirausaha
Event artinya yang
memicu atau memaksa seseorang untuk terjun kedunia bisnis adalah :
Ø
Adanya ketidak puasan
terhadap pekerjaan sekarang
Ø
Adanya pemutusan
hubungan kerja (PHK), tidak ada pekerjaan lain
Ø
Dorongan karena faktor
usia
Ø
Keberanian menanggung
resiko
Ø
Dan komitmen atau
minat yang tinggi terhadap bisnis
Ø
Adanya bantuan family
dalam berbagi kemudahan
Ø
Adanya
pengalaman-pengalaman dalam dunia bisnis sebelumnya
Ø
Adanya komitmen yang
tinggi terhadap bisnis
B. Konsep
Pemasaran
2.1.1 Product
Produk
dalam usaha tersebut dapat kami simpulakan observasi yang kami lakukan berupa
jasa karena usaha tersebut membeli berbagai jenis perhiasan dari Distributor
untuk di Jual Kembali di pasaran/pasar gaplok tempat usaha ini menetap.Selain
Itu Juga kami juga menerima pesanan pembuatan juga perbaikan perhiasan.
2.1.2 Price
Price
dalam bahasa Indonesianya adalah dalam harga tersebut seorang
pengusaha tidak bisa menentukan harga tersebut karena harga tersebut
tergantung dari Model Jenis dan kualitas barang yang Kami Perjual Belikan.Jadi
keuntungan yang diperoleh oleh pengusaha tidak pasti karena dia melihat dari
kualitas barang yang dihasilkannya dan harga yang tidak pasti.
2.1.3 Place
Place
dapat disebut juga tempat dalam tempat usaha tersebut bisa dibilang strategis.
Karena usaha tersebut berlokasi Di jalan Dan terutama Pasar dan banyak dilalui
kendaraan umum. Jadi akses untuk melakukan transaksi jual beli barang tersebut
tidak ada kendala.
2.1.4 Promotion
Promotion atau promosi
dalam usaha ini promosi yang dilakukannya adalah dari mulut kemulut oleh
masyarakat sekitar dan sampai menyebar kedalam berbagai daerah khususnya daerah
sukarajadan
sekitarnya.Lalumemanfaatkankecanggihanjamansekarangyaituiklan
di internet bisamelaluifacebook, instagramdll,
Jadiitulah
prmosi-promosi
pengusaha tersebut untuk
mempromosikan barang yang dihasilkannya. Dan pengusaha tersebut harus
meningkatkan kualitas barang yang dihasilkan dan memenuhi permintaan konsumen.
BAB
III
PEMBAHASAN
3.1 Identitas
Usaha
Nama
Usaha :
Usaha Perhiasan Perak Dan Cincin Batu (ASA MAS)
Jenis Barang: Jual
BeliPerhiasan Cincin, Kalung, Gelang Emas Perak, CincinBatu, SertaMenerima
Pembuatan dan Perbaikan Perhiasan.
Lokasi Tempat :
Pasar SUKARAJAokutimur
3.2 Harga/Permodalan
Usaha
Harga
yang dipatok dalam usaha ini tidak pasti karena barang tersebut melihat dari
kualitas barang yang di Beli Dari Distributor.Dikarenakan barang yang
dihasilkan tersebut adalah suatu barang yang menjadi kebutuhan pokok
masyarakat umum. Terbatasnya barang ini membuat harga akan menjadi naik.
Adapun
perhitungan rugi laba pada Usaha “Perhiasan Perak Dan
Cincin Batu” dalam satu bulan produksi adalah sebagai berikut:
Awal
Mula :
Total Modal Usaha :
Rp. 50 Juta (untuk pembelian bahan dan tempat usaha)
Pengeluaran
Pengeluaran Perhari :
Rp. 25.000 x 30 hari = Rp. 750.000,- /bulan
Biaya Oprasional
Perhari : Rp. 100.000 x 30 hari =
Rp. 3.000.000,- /bulan
Biayagajikaryawan :
Rp. 800.000,-/bulan
Total Pengeluaran : Rp. 4.550.000,- /bulan
Pendapatan
Perbulan :
Pendapatan Rata-rata
Perhari : Rp. 600.000 x 30 hari = Rp.
18.000.000,- /bulan
Total Pengeluaran
Perbulan : Rp.4.550.000,-
Total : Rp. 13.450.000,-
Keuntungan
:
Ø 30% Dari total sisa pendapatan
Rp. 13.450.000
x 30% = Rp. 4.035.000,-
Ø 70% Untuk belanja barang-barang yang akan di
pasarkan
Rp. 13.450.000 x 70% = Rp. 9.415.000,-
3.3 Manajemen
Manajemenadalahproses
perencanaanperorganisasian , pengarahan
,pengawasanusaha-usahaparaanggotaorganisasilainnya , agar
tercapaitujuanorganisasi yang di tetapkan.
·
Manajemenpengawasan
fungsinyauntuk :
1.
Mengevaluasi
2.
Menilaihasilkerja
3. Mengoreksi
·
Manajemenstrategi
Dalammanajemeniniada
2 strategiyaitu:
1.
Strategimemetakanproduk
Melihatsertamengevaluasisiapapesaing yang
secaralangsungberpotensidapatmembuatlajupenjualanmelambat.
2.
Strategimemetakankualitasdanharga
Untukmengetahuiposisiprodukdipasarmaksudnyamembandingkankualitasprodukdenganharganyasebagaiacuanyadiambilharga
rata-rata pasar.
·
Manajemenkeuangan
Time value of money (nilaiwaktuadalahuang)
Besarnyanilaiuangpadasatuangwaktutertentu yang
dihitungataspengaruhdaritingkatsukubunggaatautingkatimflasipadaperiode yang
ditentukan .
TVMn = Xo (1+r)
Jikauangkeuntunganpenjualanperakasa mas ditabungdibanksebesar 4.000.000
dengantingkatbungga 10% pertahun ,berapakahnilaiuangasa mas dibankpadatahunke
2?
Pembahasan:
Dik : r = 10%
Xo = 4.000.000,-
Dit: TVMn …?
Jawab :
TVMn = 4.000.000 (1+10%)
= 4.000.000 (1.1)²
= 4.000.000 (1+0,1)²
= 4.000.000 (1.1)²
= 4.000.000 (1.21)
=Rp 4.840.000
Jadinilaiuangasamasdibankpadatahunke 2 adalahRp 4.840.000.
·
Manajemenresiko
Analisis masalah
Ø STRENGTH
(KEKUATAN)
Kekuatan dari usaha
ini adalah banyaknya pelanggan yang ingin Memesan/membeli Barang Dagangan,
selain itu juga cuaca yang bagus Sangat Mempengaruhiuntuk Usaha ini.
Ø WEAKNESS
(KELEMAHAN)
Kelemahan dari usaha
ini adalah kurangnya tempat untuk proses produksi juga terkadang kelemahan datang dari faktor cuaca ,
dimana permasalahan yang sering dihadapi para Pedagang dan para pengusaha lain
lain nya
Ø OPPORTUNITIES
(KESEMPATAN)
Peluang untuk
mengembangkan usaha ini dibilang cukup menguntungkan sebab perhiasan merupakan
kebutuhan yang bisa dibilang wajib bagi kaum wanita untuk mempercantik diri.
Dan Usahaini apalagi sudah mempunyai Tempat Lokasi Di mana tempat yang ada
Keramaian dan banyak pengunjung yang berdatangan.
Ø THREANTS
(ANCAMAN)
Dalam dunia bisnis
tentunya setiap perusahaan tidak akan dapat terlepas dari adanya
persaingan/ancaman usaha. Apa lagi banyaknya minat masyarakat terhadap produk /
barang berupa perhiasan seperti ini.
BAB
IV
PENUTUP
4.1
KESIMPULAN
usaha Perhiasan dan cincin batu iniadalah usaha yang mempunyaipeluang yang
cukupbesardalamsegikeuntungandanjangkawaktuusahanyaterbilang lama.
Berbagai macam jenis
usaha yang sayarancang
ini meliputi :
1.
Jual Beli perhiasan.
2.
Terima beli mas.
3.
Perbaikan perhiasan.
4.
Dan terima pesanan
pembuatan perhiasan.
Sebagaiseorang entrepreneurship
kitaharusdapatmelihatberbagaipeluangdariberbagaiarahataudalammaksudtidakkehabisanakal
,karnaber-entrepreneushipbukanlahhanyamengandalkanapa yang
inginkitajualtetapijugamengutamakanpemikiransertakreativitas yang tinggi agar
dapatbersaingsecarasehatdenganpebisnis yang lainya.
4.2 SARAN
Untuk penyempurnaan pembuatan makalah kedepannya, saya mengharapkan adanya saran dari semua pihak baik dosen maupun seluruh mahasiswa yang membaca makalah kewirausahaan ini terhadap kekurangan yang terdapat pada makalah ini.
FOTO FOTO
USAHA PERHIASAN PERAK DAN CINCIN
BATU
(ASA MAS)
LOKASI TEMPAT USAHA
BARANG YANG DI PERJUAL BELIKAN
PERALATAN YANG DIGUNAKAN UNTUK
PROSES PERBAIKAN PERHIASAN
ALAT UNTUK
PEMBUATAN CINCIN